Contoh analisis swot menggunakan tabel matrix


Assalamualaikum

 Hay sobat princess  yang insyaallah di rahmati oleh Allah swt, pada kesempatan kali ini aku akan berbagi ilmu di blog sederhana aku yaitu tentang contoh analisis matrix (Warung Makan Riny Lotek). Insyaallah ini akan membantu kalian ya teman-teman agar studi kalian bisa lancar. SELAMAT MEMBACA :)

Analisis SWOT menggunakan tabel
(Warung Makan Riny Lotek JL. A Yani Kel. Kemumu Kec. Arma Jaya Kab. BU)

Menurut wikipedia, Analsisi SWOT adalah metode perencanaan strategis yang digunakan untuk mengevealuasi kekuatan (strengths), kelemahan (weaknesses), peluang (opportunities), dan ancaman (threats) dalam suatu p spekulasi proyek atau spekulasi bisnis.
            Dalam mengidentifikasi berbagai masalah yang timbul pada perusahaan, maka sangat diperlukan penelitian yang sangat cermat sehingga mampu menemukan strategi yang sangat cepat dan tepat dalam mengatasi masalah yang timbul pada perusahaan.
            Analisi SWOT ini merupakan awal proses perumusan strategi yang akan dilakukan untuk membantu pengembangan UMKM warung makan Riny Lotek. Analisis ini juga akan membantu UMKM untuk melaksanakan startegi yang tepat dengan melihat peluang-peluang eksternal  dan kekuatan-kekuatan eksternal dan kelemahan internal. Tabel  dibawah ini akan menjelaskan secara jelas bagaimana kondisi yang dihadapi UMKM warung makan Riny Lotek. Tabel dibawah ini atau biasa disebut matriks akan digunakan untuk membantu menentukan 4 jenis strategi yang tepat yaitu Strategi kekuatan-peluang (SO), kelemahan-peluang (WO), kekuatan-ancaman (ST), kelemahan-ancaman (WT) yang akan disesuaikan dengan kondisi UMKM warung makan Riny Lotek dan telah sesuai dengan jawaban pemilik saat dilakukan wawancara.

 


 IFAS













EFAS
STRENGTHS (S)
1.      Lokasi yang stategi karena lokasi pinggir jalan lintas.
2.      Memiliki lahan parkir.
3.      Harga terjangkau bagi semua kalangan
4.      Porsi ukuran lebih banyak dari pada lokasi lain.
5.      Tidak hanya menjual Lotek saja, namun banyak menu lain.
6.      Pelayanan yang ramah.


WEAKNESSES (W)
1.    Banyak pesaing.
2.     Belum memiliki cabang.
3.    Belum memiliki website/forum.
4.    Kadang modal masih digunakan untuk kebutuhan pribadi.

OPPORUNITIES (O)
1.    Memberikan lapangan pekerjaan bagi warga sekitar.
2.    Harga relatif murah dibandingkan dengan pesaing.
3.    Meningkatnya penjualan pada hari-hari besar.
4.    Meningkatnya pesanan apabila kantor-kantor ada acara/rapat.
5.    Memilki peluang besar untuk menguasai pasar.

STRATEGI (SO)
1.    Perlu meningkatkan kualitas karyawan agar bisa mempertahankan kualitas dan rasa dari menu-menu yang ada di warung Riny Lotek sehingga akan memiliki peluang dan akan meningkatkan keuntungan dan pendapatan.
2.    Menambah menu agar lebih banyak dan bervariasi.
3.    Mempertahankan keunggulan yaitu harga dan kualitas rasa agar mampu bersaing dengan pesaing lain.
4.    Melakukan pendekatan kepada kantor/instansi agar bisa kerjasama.
5.    Memaksimalkan pelayanan kepada pembeli.
STRATEGI (ST)
1.    Melakukan promosi yang maksimal pada wilayah luar.
2.    Memperluas lokasi dan pembaharuan tempat.
3.    Melakukan pendekatan kepada pemerintah untuk bisa kerja sama.
4.    Selalu melakukan inovasi terbaru dan memperbanyak menu.
5.    Menanam sayuran sendiri dan bahan lain agar apabila bahan baku naik bisa teratasi.
TREATHS (T)
1.    Kenaikan bahan baku.
2.    Perkembangan makanan yang selalu unik.
3.    Terdapat pedagang baru.
4.    Kekuatan pesaing yang sama.

STRATEGI (WO)
1.    Apabila merekrut karyawan baru harus memilih dengan skill yang bagus.
2.    Meminimkan penggunaan modal untuk keperluan pribadi.
3.    Melakukan promosi terus menerus agar semakin dikenal wilayan luar.
4.    Memanfaatkan media sosial.
5.    Memaksimalkan penjualan karena harga dan rasa yang telah terbukti enak agar bisa menambah cabang dan mengembangkan usaha tersebut.
6.    Sering mengikuti pelatihan agar tercipta SDM yang berkualitas.
STRATEGI (WT)
1.    Memaksimalkan kinerja karyawan agar menghasilkan hasil makanan yang enak dan berkualitas.
2.    Memaksimalkan penjualan.
3.    Memasarkan makanan dengan memanfaatkan sosial media dan teknologi.
4.    Menanam sayuran sendiri dan bahan lain agar apabila bahan baku naik bisa teratasi.
 
Itu sedikit tutorial dari aku, semoga yang membaca dan yang melihat bisa bermanfaat buat kalian semua dan bisa menambah ilmu dan pengetahuan kalian. Wassalamualaikum

Komentar

Postingan Populer